Polaritas

Hanya dalam sunyi sebuah bunyi bisa berarti..
Hanya karena ada gelap maka terang menjadi bermakna..

Saya tak tahu persis bagaimana terjemahan yang sebenarnya. Kurang lebih, itulah yang saya ingat..
Bilangan minggu sudah berlalu saat kata-kata itu terlintas..
Minggu-minggu yang menuntun saya untuk akhirnya mengambil kesimpulan atas dua polaritas.. Wallohu a’lam..

Entah sejak kapan saya mulai membenturkan dua hal yang hendaknya sejalan..
mungkin karena hati saya terlalu bising hingga tak bisa mendengarkan arahan..
yang sampai ke telinga saya seolah-olah hanya “pilih A berarti kamu tidak termasuk B! pilih B berarti kamu musuh A! Pilih salah satu! Pilih salah satu!”

Sampai sekarang, saya tak pernah tahu mengapa A dan B berseteru, apakah perseteruan itu memang perlu, apakah damai adalah jalan keluar, ataukah mengalahkan salah satunya adalah lebih utama. Dan yang terpenting, apakah perseteruan A dan B itu urusan saya atau bukan. hehe.. :p
Tapi saya tahu satu hal, saya harus berjalan, dan di depan saya A dan B menghadang. Ingin sekali saya mengenal keduanya, karena sepertinya saya merasa bahwa ada kebaikan pada keduanya.. walau memang mereka bertolak belakang..

Pada akhirnya pertanyaan-pertanyaan saya di atas tetap belum terjawab..
Saya hanya mencoba berjalan sambil berusaha menganggap mereka sebagai bagian dari abjad..
A dan B memang akan tetap ada.. tak bisa saling memusnahkan.. karena kata takkan lengkap tanpa mereka..
Sebagaimana malam dan siang tak saling mengalahkan..
sebagaimana utara dan selatan tak saling meniadakan..
Polaritas sepertinya akan tetap ada..
Walau memang, suatu saat kita harus memilih salah satu di antara keduanya..
Namun, bukan karena kita berada di utara lantas selatan menjadi salah..
Indra ini memang terbatas, hanya bisa memandang dari tempat kita berdiri..
Mungkin hanya cukup utk menyadari,
bahwa sunyi dan bunyi masing-masing memiliki arti..
Gelap dan terang pun sama-sama memiliki makna..
Beyond the polarity.. there is only The Almighty..

Tinggalkan Balasan

