Kehilangan

Mungkin, jika hal itu terjadi… kehilangan tersebut akan terasa begitu berat karena saya tidak berduka untuk saya sendiri? Entahlah… Tapi sungguh, bila saya mampu, saya ingin mencegahnya. Sungguh tak ingin rasanya menghapus pijar-pijar cahaya itu.. bila saya bisa, saya sungguh ingin membuatnya bersinar sempurna.

Kadang, saya mengingat-ingat notasi waktu yang pernah berdenting itu. Berpikir, tentang hal-hal yang bisa saya lakukan untuk membuatnya lebih merdu. Tapi saya sadar, melodi yang tersusun nanti mungkin tak akan bisa menyertakan nada itu.

Jauh dalam hati, terkadang ada harap yang melangit, bahwa nada ini kelak akan menyusun melodinya sendiri, yang utuh, indah, dan abadi. Tapi sungguh, saya harus menyiapkan hati, ketika bukan hal itu yang terjadi.

Maka, saya pun berpura-pura abai. Saya berpura-pura tak mengerti. Saya berpura-pura tuli dan buta terhadap semua kebaikan, ketulusan, dan semua hal yang saya tahu hanya akan menambah kekaguman. Sungguh, saya tak mengerti bagaimana harus membalas semua itu. Saya tak tahu apa yang bisa saya tawarkan selain doa.

Pada akhirnya, saya hanya bisa mengakui, bahwa saya tak pernah tahu apa yang menanti di depan sana. Pun apakah kata itu akan mewujud atau tidak. Saya juga sadar, bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan apakah pijar itu murni menerangi dan menghangatkan, atau yang membakar dan menghancurkan. Saya mengerti indra-indra ini terlalu terbatas untuk menyimpulkan… Bahkan, saya tak pernah tahu, mungkin pijar itu akan bercahaya dengan sempurna tanpa saya di dalamnya.

Mungkin, saya masih terlalu kerdil untuk memahami rancangan-Nya. Saya hanya bisa berharap bahwa saya masih berjalan dalam bimbingan-Nya.

Tinggalkan Balasan

