gambar The Dummy Cook Project #1: Sup Tom Yam

Baru-baru ini saya mulai rajin memasak lagi. Walau agak berlebihan sih sebenarnya kalau dibilang rajin. Karena yang saya lakukan cuma batch cooking seminggu sekali, dan sepanjang weekdays tinggal finishing menu-menu yang sudah disiapkan weekend sebelumnya. Jadi waktu yang dihabiskan di dapur mungkin cuma sekitar setengah jam tiap hari. Hampir sama dengan waktu yang diperlukan untuk masak mie dan nyeplok telur.

Nah, akhir tahun lalu (alias beberapa hari yang lalu), karena libur pergantian tahun, maka saya tidak perlu masak sarapan terlalu pagi, alias bebas masak apa saja yang menghabiskan waktu agak lama. Jadi, saya pun mencoba-coba menu baru. Dan, berhubung saya ini sangat amat novice alias beginner, alias amatir, ternyata masih banyak banget resep yang belum pernah dicoba! #yaiyalah >.<

Pilihan saya jatuh pada tom yum soup karena udara mulai dingin di bawah nol, dan bawaannya pingin makan yang berkuah hangat agak-agak pedas. Membayangkan kuah tom yam yang hangat dan segar itu membuat saya memeriksa bumbu-bumbu dan bahan di kulkas. Tidak lengkap semua. Tapi semangat tetap membara! Yeah!

Jadi, saya mencoba membuat tom yam seadanya. Buat yang baru-baru saja mencoba memasak, pasti memang stok bumbu belumlah lengkap. Jangan menyerah! Ternyata pakai bumbu seadanya pun tetap enak! berjuanglah! #apasih

img_20170101_132229

Sampai sekarang, saya sudah masak tom yam sebanyak 4x, dari yang bumbunya nggak jelas sampai akhirnya bisa lengkap sesuai resep otentik dari Thailand dari internet. Foto di atas adalah tom yam kedua yang saya buat. Kebetulan waktu itu di luar sedang berkabut-kabut gitu lah. Jadi terasa banget nikmatnya. #lebay

Oke, berikut ini resep lengkapnya versi saya, beserta catatan kecil mana yang bisa diskip.

TOM YAM SOUP

Bahan:

  • 125 gr cumi basah
  • 150 gr ikan kakap (saya pakai ikan cod)
  • 150 gr udang, kupas kulitnya dan sisakan bagian ekor, rebus dengan 1,5 liter air. Kulit dan air rebusan udangnya tidak saya buang, melainkan untuk kaldu. Kali pertama membuat, saya tidak pakai udang, tidak pakai cumi, hanya ikan dan jamur, enak juga.
  • 100 gr jamur merang (saya pakai jamur kancing, mirip-mirip kok), dan ketika jamur tidak ada, saya pakai tahu, pernah juga pakai wortel, tetap enak. Hehe.
  • Serai 2 batang, geprek
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Jahe 2 cm, geprek
  • Jeruk lemon 1/2 buah, peras, ambil airnya, sekitar 2 sdm
  • Asam jawa 1 sdt, cairkan dengan 2 sdm air hangat, saring (ini juga opsional, tapi rasa asamnya lebih mantap dengan asam jawa)
  • Daun jeruk 4 lembar (tiga kali saya membuatnya tanpa daun jeruk, melainkan dengan lemon zest, alias parutan kulit jeruk lemon 1 sdt, tidak jauh beda dengan menggunakan daun jeruk)
  • Kecap ikan 2 sdt (dua kali pertama buat tanpa ini, diganti saus tiram 1 sdm)
  • Gula pasir 2 sdm
  • Gula jawa 1 sdm (bisa diskip, ini karena saya suka agak manis)
  • Garam 1 sdt (karena kecap ikan sudah asin, tapi kalau tidak pakai kecap ikan, garamnya bisa ditambah)
  • Kaldu bubuk (saya tidak pernah pakai)

Bumbu Halus:

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah sesuai selera (ada yang 15 buah ditambah cabai rawit, ada yang 10), saya hanya pakai 2 buah, dibuang bijinya
  • Ebi 1 sdt, sampai sekarang saya tidak pernah pakai. Kalau ada udang, saya pakai kulitnya ikut ditumis bersama bumbu, lalu dihaluskan. Saat tidak ada udang, juga tidak ada kecap ikan, saya ambil sedikit ikan sekitar 3-4 cm, lalu ikut digoreng bersama bumbu dan dihaluskan. Terakhir, pernah saya coba pakai terasi seujung sendok teh, enak juga.

Cara membuat:

  • Pertama, rebus udang dalam 1,5 liter air
  • Sambil menunggu, tumis bawang merah, cabe, bawang putih, ebi (kalau ada) atau kulit udang/potongan ikan. Bawang cabe dkk-nya belum dihaluskan, ya. Saya cuma geprek si bawang putih, dan potong kasar cabenya.
  • Setelah bawang dkk mulai layu, matikan api, biarkan agak dingin sebentar di wajan, lalu masukkan bumbu ke blender bersama minyaknya. Jangan bersama wajannya, ya. >.< Oiya, jangan diblender panas-panas juga, karena suhu panas dalam wadah tertutup, ditambah proses memblender, akan menyebabkan perubahan tekanan. Jadi, nanti begitu blender dibuka dia bisa meledak menciprat, semacam kalau membuka coca cola setelah dikocok.
  • Masukkan bumbu halus tadi ke dalam rebusan udang. Oh, ya, waktu tidak ada udang, saya cuma mendidihkan air atau bisa juga menambahkan wortel. Tapi, tidak dipakai untuk merebus ikan, karena kalau ikannya direbus terlalu lama jadi lebih mudah hancur. Lain halnya dengan cumi, kalau direbus terlalu lama dia malah jadi alot.
  • Masukkan ikan, cumi, jamur, serai, lengkuas, jahe, kecap ikan, lemon, asam, daun jeruk, garam, gula. Biarkan sampai meresap. Dan beberapa saat kemudian akan tercium aroma sup tom yam yang menggugah selera #halah.

Sudah, begitu saja. List bumbunya mungkin agak banyak, tapi cara membuatnya mudah. Tinggal cicipi dan adjust rasa dengan menambahkan gula atau garam.

img_20170101_094133963img_20170101_124739

Selamat mencoba! 🙂

Tinggalkan Balasan

