gambar The Dummy Cook Project No #4: Puding Brownies

Puding dan Brownies, saya suka keduanya. Puding dengan teksturnya yang smooth, dan brownies yang padat serta lebih ‘gigitable’, sekaligus manisnya legit. Saya baru tahu kalau ada desert yang menggabungkan keduanya. Malah trend puding brownies ini ternyata sudah cukup lama, tapi saya baru ngeh ketika melihat foto yang diposting seorang kawan di IG. Ngomong-ngomong, kawan saya itu juga jago bikin dessert, dan konon menerima pesanan juga, orangnya bisa dikontak di sini.

Setelah dapat bisikan resepnya dari beliau, juga karena melihat ada roti tawar nganggur di kulkas, maka kemarin saya putuskan untuk membuat puding brownies ini. Resepnya termasuk gampang, tapi rasanya enak banget! Padat, smooth, nyoklat, legit, susah dijabarkan deh. Bagi yang tertarik membuat, berikut ini resepnya.

Oh, ya, resep ini saya modifikasi sesuai keadaan kulkas, jadinya hanya setengah dari resep asli dan menggunakan lebih sedikit gula.

PUDING BROWNIES

  1. Agar-agar bubuk 1/2 bungkus
  2. Susu cokelat cair 350 ml (resep asli menggunakan susu putih cair)
  3. Cokelat bubuk 1 sdm
  4. Roti tawar 2 lembar
  5. Cokelat masak 50 mg
  6. Gula pasir 2 sdm
  7. Kuning telur 1 butir

CARA MEMBUAT

  • Lelehkan cokelat masak dengan sedikit susu (sekitar 100 ml)
  • Campur sisa susu dengan roti tawar, blender hingga halus dan tercampur rata. Bila tidak ada blender, rendam roti agak lama, kemudian aduk dan lumatkan.
  • Masukan kedua campuran di atas ke dalam panci, tambahkan gula, agar-agar, dan telur. Aduk rata sebelum menyalakan api.
  • Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental, matikan api beberapa saat setelah muncul gelembung atau ada letupan-letupan kecil pada adonan. Jangan dibiarkan terlalu lama mendidih.
  • Masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas atau cetakan puding, dinginkan di luar sebelum masuk ke lemari es. Sajikan dingin dengan toping sesuai selera.

Saya cuma menggunakan dua sendok makan gula pasir karena susu cokelat cairnya sudah manis, dan cokelat masak pun yang jenis semi-sweet. Bagi yang menggunakan susu putih cair, takaran gula mungkin perlu ditambah.

img_20170123_171758

Selamat mencoba!

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s