gambar The Dummy Cook Project No #5: Mie Aceh Humble

Tentang humble ini sebetulnya ada ceritanya. Selain karena bahan yang alakadarnya danrasa pedas yang agak toned down, kata humble ini tercetus saat suami mencoba menerangkan tentang mie yang dipakai. Kebetulan beliau pernah tinggal di Aceh dan familiar dengan masakan-masakan Aceh.

“Mie telur?” tanya saya.

“Bukan!”

“Mie kering? Mie basah? Mie udon?”

“Bukan, mie-nya mie kuning… tapi terlihat…gimana ya? Enggak lurus-lurus juga enggak keriting, enggak rapi, enggak terlihat seperti mie yang diproduksi massal di pabrik… Mie-nya terlihat… humble,” katanya.

Oh, oke. Dengan satu kata humble (sederhana) itu sepertinya saya langsung bisa membayangkannya.

Proses selanjutnya adalah mencari resep yang menurut beliau mendekati otentik. Berbekal tanya-tanya dan melihat di youtube, beliau ‘merumuskan’ resep yang menurutnya akan mendekati rasa yang diinginkan.

Setelah jadi bagaimana? lagi-lagi beliau bilang ini mie aceh versi humble! XD Mungkin karena pedasnya yang tidak terlalu tajam mengigit. Tapi, menurut beliau rasa rempahnya terasa lebih balance, mungkin karena tidak tertutup rasa pedas. Saya sendiri suka dengan resep ini, suami juga bilang lain kali kalau bikin pakai resep ini saja. Tapi, karena saya baru sekali mencicipi mie aceh, itupun rasanya sudah agak lupa, mungkin lebih cocok kalau ini disebut Mie Kuah Udang Berempah, XD karena saya tidak yakin bahwa resep ini persis otentik. Tapi untuk rasanya cocok sekali bagi lidah kami.

Oh, ya, soal mie-nya, karena di sini susah menemukan mie serupa penjelasan suami, akhirnya saya pakai mie telur kering.

MIE ACEH HUMBLE (MIE KUAH UDANG BEREMPAH)

BAHAN:

  1. Mie telur 300 gr, rebus sesuai petunjuk kemasan, tiriskan.
  2. Daging sapi 100 gr, iris kecil-kecil
  3. Udang 100 gr, rebus, buang kulitnya. Airnya sisakan untuk kaldu.
  4. Tauge 100 gr
  5. Kol 50 gr, iris tipis
  6. Tomat 1 buah
  7. Bawang merah 3 siung, iris tipis
  8. Bawang putih 2 siung, iris tipis
  9. Kecap manis 2 sdm
  10. Kecap asin 1 sdm

Bumbu halus:

  1. Bawang merah 5 siung
  2. Bawang putih 3 siung
  3. Cabe merah besar 2 buah
  4. Kemiri 2 buah
  5. Ketumbar 1/2 sdt
  6. Jinten 1/2 sdt
  7. Kapulaga 2 buah
  8. Kunyit (saya pakai kunyit bubuk) 1/4 sdt
  9. Smoked paprika bubuk 1 sdt (opsional)*
  10. Garam masala 1/4 sdt (opsional)**

CARA MEMBUAT

  • Blender semua bumbu halus
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis sampai matang, tambahkan tomat, taoge dan kol, aduk sampai layu
  • Masukkan daging sapi, aduk sampai berubah warna, masukkan udang, beri air kaldu udang secukupnya
  • Masukkan mie yang sudah direbus, beri kecap manis, kecap asin, garam dan gula sesuai selera. Tunggu sebentar sampai bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Tentang garam masala, ia adalah perpaduan rempah yang banyak digunakan dalam masakan India. Isinya mungkin hampir mirip dengan bumbu kari, tapi setahu saya tidak menggunakan kunyit. Isinya antara lain jintan, kapulaga hijau, kapulaga, pala, kayu manis, pekak, cengkih, dan banyak lagi variasi lainnya. Tidak pakai ini pun tidak masalah. Karena bumbu mie aceh sendiri sudah cukup berempah.

Kalau smoked paprika, ini salah satu bumbu yang kami sukai karena aroma hangat dan rasanya yang khas, tidak hanya pedas tapi ‘ada dimensi rasa yang lain’, kalau kata suami. Tidak pakai ini pun sama sekali tidak masalah.

Oh ya, kali berikutnya membuat Mie Aceh, sengaja saya tidak menggunakan tambahan garam masala, smoked paprika, kemiri dan ketumbar. Menurut saya rasanya lebih mirip mie Aceh yang pernah saya makan kalau tanpa bumbu-bumbu tersebut, rasanya lebih tajam dan nendang. Tapi, kalau untuk saya, sepertinya saya lebih suka versi humble yang ini.

img_20170121_080903

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

