gambar The Dummy Cook Project No #6: Cheese and Blueberry Muffin

Beberapa kali saya melihat resep cheese and blueberry muffin, termasuk di tayangan Martha Stewart. Tapi, saya belum tertarik untuk mencoba. Selain karena muffin bukan kue favorit saya, kebanyakan resep menggunakan takaran yang cukup banyak, dan saya malas mengkonversi apalagi kalau jadinya harus menggunakan dua setengah butir telur, misalnya. Sampai suatu hari saya menemukan resep matcha cheese muffin di washoku guide. Cuma butuh satu butir telur dan takaran bahan lain yang tidak banyak, untuk menghasilkan 4 buah muffin (di saya jadinya enam). Cocok banget lah.

Setelah beberapa kali mencoba matcha cheese muffin-nya (yang ternyata moist dan creamy, tidak seperti muffin yang saya bayangkan kering dan kasar), saya iseng mencoba varian lain, kebetulan masih ada blueberry sisa membuat kue ulang tahun (Chocolate cheesecake). Dan ternyata hasilnya lebih baik dari yang saya bayangkan, creamy, moist, tidak terlalu manis, dan ada sensasi segar dari blueberry-nya. Resepnya sederhana banget.  Cocok untuk sarapan atau untuk bekal, dibuat di pagi hari pun tidak terlalu merepotkan.

CHEESE AND BLUEBERRY MUFFIN

BAHAN:

  1. Tepung terigu 120 gr
  2. Mentega 50 gr
  3. Susu putih cair 60 ml
  4.  Cream cheese 70 gr
  5. Blueberry segar 75 gr
  6. Gula 80 gr
  7. Telur 1 butir
  8. Baking powder 1 sdt

CARA MEMBUAT:

  1. Biarkan mentega dan cream cheese meleleh di suhu ruang. Atau lelehkan di pan kecil, dengan api kecil. Aduk keduanya sampai rata.
  2. Tambahkan telur dan gula, aduk sampai rata. Adonannya akan sedikit berbutir-butir, tidak perlu dikocok sampai sangat halus.
  3. Campur tepung terigu dan baking powder di wadah kering, masukkan ke dalam adonan telur dengan diayak. Aduk dengan perlahan sampai tercampur rata.
  4. Masukkan susu, aduk rata. Terakhir, masukkan blueberry segar. Masukkan ke dalam cetakan muffin atau ramekin kecil, panggang pada suhu 180 derajat, 30 menit.

Beberapa catatan:

  • Resep asli adalah tepung terigu, tapi hampir semua resep makanan berbahan dasar terigu yang ada di sini saya substitusi dengan bahan non-terigu, karena saya alergi gluten.
  • Jika ingin menggunakan bahan subsitusi, formula ini yang biasa saya gunakan: untuk setiap 90 gr tepung terigu, saya ganti dengan 60 gr tepung beras, 30 gr tepung kanji, dan 10 gr maizena. Jadi perbandingannya 6:2:1. Tapi, percayalah, memakai terigu jauh lebih mudah dan menghasilkan hasil yang cantik. Jika tidak alergi gluten, sebaiknya tetap pakai resep asli dengan terigu.
  • Foto di atas adonan tepungnya saya bagi dua, satu ditambah matcha dan cacahan cokelat, satu lagi pakai blueberry, adonan telurnya kemudian saya tuang dan bagi dua ke dalam 2 jenis adonan tepung tadi. Hasilnya tiga muffin keju blueberry, dan tiga muffin keju matcha.

    Demikian hasilnya. Selamat mencoba! 🙂

One comment

Tinggalkan Balasan

