Menebak Watak dari Bumbu Masak

Sounds cheesy, right? 😄 Terdengar seperti artikel yang begitu kita buka akan muncul iklan-iklan klinik tongseng dan sebagainya. Tapi, inilah yang terlintas ketika kemarin saya memilih menggunakan ulekan, alih-alih blender–yang walaupun praktis namun berisik.

Sejak kecil saya tidak suka menghaluskan cabai maupun bawang. Bawang merah terutama. Padahal mereka sama sekali tidak keras. Dibanding kemiri, biji ketumbar, atau lada, sebetulnya mereka tergolong lunak dan mudah ditekan–tapi tidak mudah dihancurkan.

Selumat apapun saya berusaha menghaluskan, pasti ada lintingan kulit terluar cabai (tomat juga dalam hal ini), yang tetap berupa lembaran, tidak bisa hancur. Yang hancur hanya dagingnya saja.

Sedangkan kemiri, yang saya kira cukup keras kalau harus digigit atau dikunyah, cuma perlu berapa detik untuk dipukul dengan ulekan, kemudian hancur dan tak berbentuk lagi. Semua bagiannya ambyar. Tidak menyisakan bentuk asalnya.

Kalau harus memilih, mungkin saya lebih suka menghadapi orang yang seperti kemiri, atau lada dan ketumbar. Walau terlihat keras, kasar, urakan, tapi  dengan mudah juga bisa menjadi halus dan membaur ketika diperlukan.

Sedangkan, cabai dan bawang, mereka hanya bica hancur kalau dihadapi dengan ketajaman. Kalau sekadar ditekan, atau digiling mengandalkan kekuatan benda tumpul, sangat menguji kesabaran. Karena mereka akan tetap bertahan walau dagingnya sudah hancur.

Mereka telihat lunak dan rapuh. Kadang terlihat sopan dan penurut. Tapi sejatinya diam-diam bertahan. Menyebalkan.

Itu kalau menghadapi orang, bagaimana dengan kita sendiri. Termasuk yang manakah kita? Kalau saya sepertinya termasuk golongan cabai dan bawang. Golongan yang sangat tidak saya sukai kalau harus dihadapi. 😦

Bisa dipastikan, saya akan sangat kesal kalau harus menghadapi diri saya sendiri. 😦

Iklan

5 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s