gambar The Dummy Cook Project No #8: Quiche

Apa sebetulnya quiche ini?

Pencarian tentang Quiche ini dimulai ketika saya memiliki ayam cincang sisa isian lemper, paprika kuning yang tinggal seuprit, dan bayam yang sudah beberapa hari ada di kulkas tapi malas saya olah.

Dan saat itu pagi-pagi, belum ada mood dan ide untuk memasak yang rumit-rumit sementara perut minta diisi.

Awalnya kesemua itu berniat saya jadikan omelet saja, tapi mendadak saya berpikir, kalau omelet dipanggang bagaimana ya?

Itulah awal mulanya. Telur, beri topping campur-campur, kemudian panggang. Kebetulan saya juga masih punya kulit pie sisa membuat pear pie tempo hari, saya pikir lucu juga kalau adonannya dimasukkan ke dalam kulit pie.

Baru saya tahu bahwa hidangan itu ada namanya: Quiche. Intinya, quiche adalah pie yang berisi adonan telur dengan tambahan lauk-pauk/sayur. Isiannya beragam. Ada yang memilih keju-bayam, ada yang seafood, ayam, vegetarian, disesuaikan dengan selera masing-masing, dan lebih penting lagi–disesuaikan apa yang ada di dapur.

Membuatnya mudah, nyaris tidak pakai resep. Tapi, biar tidak lupa, saya tetap mencatatnya. Ini dia resepnya.

QUICHE CAMPUR-CAMPUR

Bahan:

  1. Telur 3 butir
  2. Whipcream 50 ml (saya pakai susu)
  3. Isian sesuai selera (saya pakai ayam cincang isian lemper, paprika merah dan kuning, keju potong kotak, bawang merah, daun bawang, bayam, dan satu buah burger daging sapi yang diris-iris)
  4. Kulit pie (beli jadi bisa, bikin sendiri cukup menggunakan 140 gr terigu dan 70 gr margarine, diuleni hingga kalis, bentuk dengan cetakan pie. Bila tidak ada cetakan pie dan tidak ada kulit pie jadi? Gampang, skip aja, jadi crustless quiche)

Cara membuat:

  • Kocok telur dan whipcream dengan garpu atau hand-whisk
  • Tumis bawang merah, bawang daun, dan bayam (bila menggunakan jamur, daging ayam mentah, atau seafood sebaiknya juga ditumis dulu di tahap ini)
  • Masukin tumisan bawang dan bayam beserta isian lain ke dalam kocokan telur, tuang ke dalam kulit pie, panggang kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat.

 

Yang di loyang hitam tengah itu adalah adonan Quiche tanpa kulit pie, tinggal dipotong-potong dan sajikan dengan saus atau dimakan hangat-hangat. 🙂 Praktis, dan menghindari kebosanan menyajikan omelet.

Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

