gambar The Dummy Cook Project no #9: Matcha Brownie! (Gluten Free)

Matcha Brownie ini menggunakan white chocolate dan matcha sebagai bahan utamanya. Saya buat minggu lalu, pagi hari setelah menyiapkan sarapan. Niatnya mau disimpan untuk camilan siang-siang. Yang saya nggak tahu, sewaktu saya membawa tiga potong kue ini ke dekat jendela untuk difoto, setengah loyang sisanya sudah hilang. XD

Salah saya juga, bikinnya hanya setengah resep. Seperti biasa, untuk percobaan awal biasanya saya buat dengan bahan-bahan lebih sedikit. Semacam tester, apakah kami suka dengan rasanya? Apakah ada yang perlu dikurangi atau ditambah? Namun, untuk resep yang ini, sepertinya sudah fix tidak akan saya ubah-ubah. 🙂 Cara membuatnya pun relatif mudah, tanpa mikser, dan hanya mengotori sedikit wadah (ini penting XD)

Dengan komposisi ini, tekstur yang didapat cukup moist walau prosesnya dipanggang, bukan dikukus. (mungkin lain kali saya mau coba juga ah, brownies kukus matcha.) Biasanya brownie yang dipanggang teksturnya cenderung kering, kecuali menggunakan banyak telur atau coklat leleh dan susu kental manis, sehingga adonannya berat dan penuh kalori.

img_20170128_115419

Sedangkan adonan ini, saya hanya menggunakan satu telur! Yes, satu telur saja. Dan setengah batang cokelat putih biasa. Yang saya pakai semacam cokelat putih silverkuin kemasan sedang. Bukan cokelat putih khusus untuk masak, karena kebetulan stok di toko dekat rumah sedang kosong.

Untuk rasa, dengan satu sendok makan matcha rasanya sudah cukup rich, ada sedikit pahit-pahitnya (in a good way), karena saya memang suka rasa pahit dari matcha ini, seperti pahit-pahitnya cokelat, bittersweet. Untuk tingkat kemanisan rasanya pas banget. Cukup manis untuk dessert, tapi tidak blenger. Dan yang bikin nagih adalah aroma matcha yang sudah tercium saat dipanggang, juga rasanya yang ketika digigit terasa “menenangkan”.

Untuk saya, aroma matcha ini memang menyejukkan dan menenangkan. Tapi terkadang karena pemanggangan dan campuran dengan bahan lain, nuansa sejuk itu hilang ketika matcha diolah. Nah, di brownies ini, nuansa itu masih terasa dengan jelas. 🙂

Oke berikut ini resepnya. Saya cantumkan resep full dengan dua telur, kalau mau dibuat setengahnya hanya dengan satu telur seperti saya tingal dibagi dua saja masing-masing jumlah bahannya.

MATCHA BROWNIE

Bahan

  1. Tepung terigu* 50 gr
  2. Telur 2 butir
  3. Gula pasir 50 gr
  4. Cokelat putih 90 gr
  5. Mentega 40 gr
  6. Matcha bubuk 1 sdm dan 2 sdt
  7. Baking powder 1/2 sdt

Cara membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu 180 derajat
  • Lelehkan mentega dan cokelat putih
  • Tambahkan gula ke adonan mentega, aduk rata
  • Masukkan telur  dan kocok hingga rata
  • Di satu wadah terpisah, masukkan tepung terigu, bubuk matcha, dan baking powder
  • Masukin bahan kering di atas ke dalam adonan telur dengan cara diayak, aduk hingga tercampur dengan baik
  • Masukkan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti atau diolesi mentega agar tidak lengket, panggang selama 10 menit, taburi topping sesuai selera (bila ingin), kemudian panggang lagi selama 15 menit

img_20170128_093941991

Di atas adalah adonan cokelat dan mentega ketika baru dilelehkan, sebelum ditambahi telur dan gula. Di wadah biru adalah tepung, matcha, dan baking powder. Praktis, tidak banyak alat yang digunakan. Adonan akhirnya cukup kental, seperti pasta. Setelah setengah matang, saya menambahkan topping almond dan keju. Sebelah almond sebelah keju. Hehe.

Selamat mencoba! 🙂

*resep asli menggunakan terigu, tapi saya substitusi dengan campuran tepung beras, tapioka dan maizena untuk menghasilkan tepung gluten free dengan tekstur mirip terigu. Perbandingan tepung beras, tapioka, dan maizena adalah 6:2:1, untuk 9 bagian tepung terigu. Untuk 50 gram terigu, saya pakai 33 gr tepung beras, 11 gr tepung tapioka, dan 6 gr maizena.

Tinggalkan Balasan

