gambar The Dummy Cook Project No #10: Rice Casserole

Sebelumnya saya tidak pernah menamai makanan ini dengan nama keren. XD Dulu, sewaktu masih kuliah, saya sering memasak saus daging dalam jumlah banyak (karena daging cincang lebih murah dibanding daging potongan, dan karena saus daging awet dalam waktu lama). Dan karena saya tidak selalu punya spaghetti/pasta untuk menyantapnya, saya sering mencampurkannya begitu saja dengan nasi, lalu saya panaskan di microwave. Sudah begitu saja. XD Saya menganggapnya nasi campur ala kepepet.

Tapi, beberapa minggu lalu, pertama-tama Teh Ricke yang blognya saya kunjungi memasang menu ‘baked rice’, kemudian seorang teman yang pintar masak juga memasang menu yang sama dengan sangat amat menggoda. Memang beda ya, orang yang sudah terlatih mengolah menu dengan yang biasanya asal emplok saja. XD Dengan bahan yang kurang lebih sama, mereka bisa menciptakan hidangan yang bikin ngiler, sedangkan saya bahkan tidak pernah terpikir menghidangkan ‘nasi campur’ zaman kuliah dulu itu pada suami. Padahal hanya tinggal ditambah keju saja. Praktis sekali.

Maka, kemarin, ketika menemukan keju mozzarella murah (cuma 45 sen! Sekitar tujuh ribu rupiah kalau di Indonesia), saya langsung beli dan berniat membuat hidangan ini. Kebetulan saya juga masih punya saus daging, itu memang salah satu makanan yang biasa saya stok karena cukup awet dan bisa dimakan kapan saja.

Ini dia bahan-bahannya:

  1. Nasi putih masak untuk 2 orang (sekitar 500 gr)
  2. Saus daging atau saus spagheti instan
  3. Keju mozzarella
  4. Garnish tomat/daun mint — optional
  5. Tambahan sayur (saya pakai wortel, jamur, dan kacang merah) — optional

Cara membuat:

  • Tata nasi di dasar wadah pyrex/tahan panas, lapisi dengan saus daging, sayur sesuai selera, bisa juga ditambah keju parut. Tumpuk lagi selapis nasi di atasnya, lapisi kembali dengan saus. Ulangi sampai bahan-bahan habis. Terakhir, tutup dengan keju mozzarella di atasnya.
  • Panggang dengan suhu 180 derajat selama 30 menit. Keluarkan dari oven dan garnish dengan tomat/daun mint.

Selamat mencoba! 🙂

Tinggalkan Balasan

