Exercise!

Sejak sebelum pindahan ke tempat saya yang sekarang, saya sudah berniat ingin rutin olah raga lagi. Selama di Jakarta Depok, saya malas sekali bergerak. Mungkin sudah dua tahunan tidak pernah olah raga. Sebelumnya saya masih suka berenang dan lari pagi, walau cuma seminggu sekali. Lalu lama kelamaan karena jadwal tidur saya berantakan saya jadi kesulitan bangun pagi untuk olah raga.

Maklum, menjelang jam delapan saja di sana mataharinya sudah terik dan kendaraan berisik, jalanan ramai, asap knalpot menyesakkan. #banyakalasan.

Sedangkan di sini, saya masih sering melihat orang jogging jam 2 siang, misalnya, dan udaranya sejuk-sejuk saja. Tapi lagi, ini masih winter dan di luar dingin banget, kan jadi malas olah raga, ya. *ada aja alasannya XD

Sebenarnya di rumah ada alat olah raga sederhana yang selama ini tersimpan di kolong tempat tidur. Katanya itu pemberian dari temannya suami yang sekarang sudah pulang ke Indonesia. Dan ada juga alat yang dibeli sendiri oleh suami, tapi kesemuanya masih tersimpan dan belum dirakit.

Januari lalu, kami sudah merakit dua alat itu, satu untuk sit up, satu lagi semacam alat untuk cardio yang saya tidak tahu namanya apa. Ada pedalnya untuk mengayuh, tetapi bukan sepeda statis, ada juga bagian pegangan tangan yang seperti setang untuk ditarik mendekati-menjauhi tubuh.

Sejak dirakit, hanya beberapa kali saja kami mencobanya. Paling-paling seminggu 1-2 kali, dan selama ini saya tidak pernah menghitung berapa lama saya melakukannya. Pokoknya, ada tiga variasi gerakan yang bisa dilakukan di alat kardio itu.Β Nah, saya biasa mengulangnya masing-masing 5 set untuk satu gerakan. Dan seingat saya kalau ditotal semua itu ya cuma makan waktu sekitar 10-15 menit. Padahal, di buku instruksi dikatakan minimal digunakan 30 menit setiap hari.

Sewaktu berniat ikutan #misi21 saya sudah bertekad mau rutin olah raga 30 menit setiap hari sesuai anjuran, dan di hari ketiga inilah saya berniat memulainya. Tapi, tadi pagi waktu saya benar-benar mengukur waktunya, ternyata 5 set yang biasanya saya lakukan itu hanya sekitar 6-7 menit! Alamak, berarti kalau 30 menit total gerakannya 25 set?! Tidaaaak. Lha wong 5 set aja saya ngos-ngosan.

Baiklah, akhirnya demi alasan kontinuitas, saya putuskan untuk melakukannya 15 menit saja setiap hari. Daripada dipaksakan 30 menit tapi saya melakukannya sebulan sekali kan. #eh Yang penting bisa rutin dulu. Nanti pelan-pelan ditingkatkan deh, insyaaAllah. >.< Lagipula, 15 menit saja sudah 10 set, yang berarti dobel dari yang biasa saya lakukan biasanya. Lumayan lah ya, ada peningkatan.

Hasilnya bagaimana? Lumayan capek. XD Tapi senang. Dan jadi lebih berenergi untuk melakukan aktivitas pagi ini. πŸ˜€

Yes, #misi21 day 3 sudah terlaksana! πŸ™‚ Kalau kamu bagaimana?

*gambar dari sini

Iklan

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s