gambar The Dummy Cook Project No #11: Japanese Curry Rice

Setiap kali menonton anime Detective Conan, kemudian ada adegan makan kari, saya sering penasaran ingin mencoba. Dalam bayangan saya, Japanese Curry itu rasanya mild, tidak ada bumbu yang terlalu tajam, rempahnya balance, agak manis, tidak terlalu pedas, dan kuahnya lembut agak kental.

Yang paling mendekati Japanese Curry yang pernah saya makan mungkin kalau pesan menu Beef Ramen Curry atau Chicken Katsu Ramen Curry, yang terkadang ada di kedai-kedai masakan Jepang di Indonesia. Tapi, itu tidak sama dengan bayangan saya atas Curry yang muncul di anime.

kuro_4_026-1

Maka, beberapa hari lalu saya mulai mencari-cari resep Japanese Curry dari internet. Ceritanya pingin resep yang otentik. Eh, rata-rata resep yang saya temukan menyarankan pakai pasta kari instan merk tertentu, yang konon populer banget dan sering dipakai di sana.

Setelah menemukan 2-3 resep untuk membuat Japanese Curry dari nol, tanpa pasta kari yang sudah jadi, saya simpulkan komponen utamanya sama saja dengan kari India. Bedanya, kari india rasanya lebih tajam, lebih pedas, aroma jinten lebih kuat, dan rata-rata menggunakan yoghurt. Sedangkan Japanese Curry pedasnya lebih mild, tidak menonjol aroma jintennya, dan dikentalkan menggunakan butter dan tepung.

Maka saya memutuskan mencoba-coba sendiri dengan bahan yang ada di rumah. Hasilnya, alhamdulillah sangat sesuai bayangan saya tentang kari jepang (standarnya dari bayangan sendiri, hehehe XD). Yang jelas foto di atas tidak mewakili rasanya, karena itu difoto menjelang habis, saat mau makan kedua kali dan sudah dihangatkan, jadi ya begitulah, kurang meyakinkan fotonya, hehe. Maklum pas pertama jadi suka nggak sabar pingin dimakan, jadi ngk difoto dulu. >.<

Baiklah, barangkali ada yang mau mencoba, ini dia resepnya.

JAPANESE CURRY

Bahan:

  1. Daging sapi 350 gr
  2. Wortel 100 gr
  3. Kentang 200 gr
  4. Jamur 100 gr
  5. Bawang Bombay besar 2 buah
  6. Tomat merah besar 2 buah
  7. Bawang putih 4 siung, haluskan
  8. Jahe 1 ruas, haluskan
  9. Garam masala 2 sdt
  10. Bumbu kari bubuk 1/2 sdt (opsional)
  11. Paprika bubuk 1/4 sdt
  12. Gula palem 2 sdt
  13. Garam 1 sdt
  14. Kaldu bubuk 1/2 sdt (opsional)
  15. Butter/mentega 2 sdm
  16. Tepung maizena 2 sdt

Cara Membuat:

  • Potong daging bentuk dadu, wortel, kentang dan jamur dipotong agak tebal agar tidak hancur, karena masaknya lama.
  • Tumis irisan bawang bombay, biarkan sampai layu, masukkan jahe dan bawang putih yang telah dihaluskan, tumis sampai harum
  • Masukkan tomat, aduk-aduk sampai hancur
  • Masukkan daging, tumis sampai keluar airnya, tambahkan garam masala, kari bubuk, paprika bubuk, gula palem, garam, kaldu, aduk rata.
  • Masukkan wortel dan kentang, tambahkan air sampai semua bahan terendam

     

  • Masak dengan api sedang selama 45 menit, cicipi, sesuaikan rasa. Masukkan butter dan kentalkan dengan maizena yang telah dicampur sedikit air.
  • Siap dihidangkan img_20170215_203208

Selamat mencoba! 🙂

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s