Lanjutan #Misi21 dan #DailyVirtue

Sehabis menamatkan #misi21 beberapa hari yang lalu, yang cerita awal dan akhirnya ada di sini dan di sini, saya jadi ingin lanjut dengan misi lainnya. Terinspirasi dari #DailyGratitude Mbak Neni, saya berpikir untuk menuliskan hal-hal yang membuat saya bersyukur setiap harinya. Tapi, karena saya sejenis kukang yang geraknya lambat, saya mau menyelipkan kata ‘act’ dalam misi itu, biar agak memancing untuk bergerak.

Jadi, awalnya misi ini saya namakan Daily Act of Gratitude. Isinya tentang hal-hal yang kita lakukan sebagai wujud rasa syukur. Tapi, kesannya kok berat, ya? >.< Padahal saya cuma ingin memancing diri sendiri untuk melakukan hal-hal kecil yang menarik tapi (mudah-mudahan) bermanfaat setiap harinya. Mirip-mirip #misi21 lah, tapi nggak perlu selalu hal baru.

Tadinya sih mau cari gampang aja, yaitu ngulang lagi #misi21-nya. Tapi, ya itu tadi, hal yang saya maksud tidak selalu hal baru, jadilah suatu pagi saya iseng bertanya jawab dengan diri sendiri soal misi aneh ini.

SB (Saya Bertanya): Jadi, maksud kamu mau bikin apaan?

SM (Saya Menjawab): Yah, bikin challenge kecil-kecilan aja, biar bisa kontinyu aktifnya…

SB: Oh, maksudnya biar nggak tidur dan makan doang?

SM: Iya, semacam itu

SB: Tiap hari juga capek keleus, nyuci nyetrika bersih-bersih masak nyuci piring nyapu dll

SM: Makanya, hal-hal semacem itu jangan dibikin besar. Yang kudu dikerjain tiap hari semacem itu mah kerjainnya cepet2 aja, biar bisa ngerjain hal lain yang seru…

SB: Hal yang seru itu semacem apa?

SM: Hal-hal yang kamu sukai, hal-hal kecil yang bikin kamu merasa lebih baik, atau hal yang nggak kamu sukai tapi sebetulnya membantu kamu mengejar mimpi dan cita-cita (buat diri sendiri atau keluarga), atau hal-hal yang bikin males untuk dikerjakan tapi berhubungan dengan hal yang kamu sukai

SB: Oh, bersihin koper berdebu yang ada di kolong bisa termasuk nggak?

SM: Bisa dong, kamu kan suka travelling, klo kopermu dibiarin kek gitu malah jadi cepet buluk dan rusak, belel, jelek, berdebu, akhirnya kamu malah beli koper baru. Padahal kalo dikumpulin, harga koper cukup buat tiket ke Madagascar #eh

SB: Oh, oke-oke, paham. Kalau olah raga termasuk hal seru juga, nggak?

SM: Ya bisa aja. Kamu kan suka makan, kalau kamu ga olah raga kamu bisa diabetes dan obesitas, yang berakibat kamu ga bisa makan seenaknya lagi. Mendingan kamu olah raga biar tetep bisa makan enak, kan?

SB: Oh, iya, iya… Kalau kulineran termasuk hal seru nggak?

SM: Seru lah, kamu kan suka makan

SB: Iya, sih… ngapain juga tanya, ya. Eh, tapi… kalau minum air putih delapan gelas setiap hari itu termasuk seru nggak?

SM: Ya, boleeh, biar sehat lah pokoknya, klo sehat nanti bisa makan enak dan bisa jalan-jalan kan?

SB: Kalau… belanja termasuk hal seru nggak?

SM: Ya iyalah kalau kamu suka belanja!

SB: Kalau… ngecat kuku warna rainbow? Pake eyeshadow glitter? Volunteer di camp? Kenalan sama orang? Koleksi prangko? Kirim kartu pos? Berdoa? Dzikir? Tahajud? Mompa ban sepeda? Nyuci mobil? Telpon Emak atau Bapak?

SM: Iyaaa… boleeeh. Pokoknya kata kuncinya: hal yang kamu sukai, atau yang mendukung hal yang kamu sukai, atau mendukung cita-cita, atau hal yang bermanfaat. Mau kecil, besar, mau jungkir balik kek, mau salto, kayang, bersiul, terseraah… yang penting membawa energi positif buatmu.

SB: Oh, oke-oke… minimal berapa hari nih?

SM: Hmm… iya, ya, berapa hari ya? Kalau mengacu ke penelitian anu sih, minimal 18 hari…

SB: Kalau 30 hari, boleh? Boleh lah, ya… Oh, iya…ga perlu hal baru nih?

SM: Nggak, mau ngelakuin hal yang sama selama berhari-hari juga boleh aja… misalnya kamu suka menghapal kitab undang-undang, diulang satu pasal yang sama tiap hari, ya boleh juga…

SB: Oh, gitu… paham deh kalo gitu.

Demikianlah, dan saya pun memutuskan akan memulai misi tersebut sejak hari ini. Cuma, saya belum tahu mau dinamai apa, dan akhirnya memutuskan #DailyVirtue aja. Dengan ‘virtue’ di sini diartikan sebagai kebaikan secara luas aja, termasuk hal yang menyenangkan dan membuat diri sendiri bersemangat.

Intinya ini tentang melakukan hal apa saja yang menarik, yang disukai, atau yang berhubungan dengan passion, atau simply yang membawa energi positif dan bermanfaat.

Udah, gitu aja. Sekarang saya mau makan siang dulu. 🙂

Iklan

7 comments

  1. Dan aku mau curhat kalau aku gagal menjalani misi21, karena aku kemarin terlewat, Kak. Huhuhu.
    Selma udah berhasil menyelesaikan misinya, Kak! Woohoo! Aku pengin banget ikutan misi full semacam ini, tapi ternyata belum bisa konsisten. 😢
    Hahaha. Lain waktu harus coba lagi! Yeay! Semangat menulis terus, Kak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s