#MyDailyVirtue 15: Do it now!

Salah satu kesulitan ketika melihat jadwal yang terlanjur berantakan, dan pekerjaan yang terlanjur menumpuk, adalah memulainya. Kalau sudah terlanjur banyak, saya cenderung suka menunda dan berpikir, nanti aja ah, tunggu benar-benar punya waktu. Biar beresinnya sekalian.

Padahal, setiap hari selalu bertambah hal baru yang harus dikerjakan. Tidak ada yang namanya jeda kosong untuk menambal ketinggalan-ketinggalan yang terlanjur menumpuk itu.

Jadi, kemarin, di hari minggu, waktu saya melihat kulkas yang isinya tak karuan setelah ditinggal dua mingguan, tumpukan cucian dan setrikaan, bahan makanan buat batch cooking, dan sebagainya, saya memutuskan mau istirahat dulu saja. Biar nanti nyusun ulang jadwal ngeleptop dulu, kemudian meluangkan waktu sekitar 4 jam di hari kerja buat beresin rumah.

Tapi, saya pikir-pikir lagi, mungkin ini saatnya menerapkan apa kata Ibu saya dulu, dilakonan, ulah disawang, katanya. Yang artinya, kerjakan saja, nggak usah dibayangin terus.

Baiklah, mumpung Pak Suami masih tidur, akhirnya saya kerjakan juga, nyicil dari bersihin kulkas, dan dua jam kemudian ternyata sudah lumayan banyak yang saya beresin. Wow. Emang ya, kalau dipikir dan direncanakan saja nggak bakal selesai-selesai. Jadi harus dikerjakan. #yaiyalah

Entahlah sampai kapan ini saya harus bertarung dengan kebiasaan menunda dan kemalasan. Semacam pertarungan tiada ujung kayaknya. 😀

Tapi lumayan lah kali ini, paling enggak weekdays nanti bisa fokus ngerampungin kerjaan. yaaay!

Gambar dari sini

One comment

Tinggalkan Balasan

